Cara Praktis Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula Mulai Dari Nol

Gitar adalah salah satu dari sekian banyak alat musik yang paling diminati. selain praktis dan mudah dibawa, harga alat musik ini juga terjangkau, alatnya mudah di dapat (tersedia di toko toko alat musik terdekat) pastinya.

untuk bisa memainkan alat musik ini sebenarnya cukup mudah, namun sebagian orang bingung dan putus asa saat mempelajarinya.

hal ini mungkin di sebabkan oleh cara belajar bermain gitarnya masih belum benar, kebanyakan dari kita kan  ingin langsung bisa memainkannya dari pada mempelajari ilmunya, seperti membaca teorinya gitu.

Cara Praktis Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula Mulai Dari Nol

dan katanya kalau cowo bisa main gitar itu kegantengannya bertambah lho, sedangkan kalau cewe keseksiannya yang bertambah

Dengan Bermain gitar, akan mempertajam pikiran kamu. sebuah penelitian Skotlandia terbaru mengatakan bahwa musik lebih cenderung membuat fungsi otak lebih tajam, yang bisa mencegah penurunan mental dimasa depan.

itu artinya semakin kita bermain alat musik salah satunya bermain gitar fungsi otak kita semakin tajam. setuju?

so gimana sih caranya agar bisa main gitar ? 

supaya cepat bisa belajar gitar? 

apa saja ya yang harus di pelajari? 


sebenarnya ada banyak jalan untuk belajar bermain gitar, kamu bisa kursus atau les privat. tapi gimana kalau tidak punya uang? les atau kursus kan butuh uang, yap kamu berada di blog yang tepat . dan tenang saja . kamu bisa belajar gitar sendiri seperti yang akan kita bahas sekarang ini.

dan asalkan kamu tekun, rajin dan belajar dengan penuh passion, penuh semangat, maka saya yakin ilmu pergitaranmu tidak akan kalah dibanding mereka yang les, kursus, atau sekolah musik.


Mengenal nama dan bagian gitar
untuk belajar main gitar dari nol yang sebelumnya kamu emang belum bisa sama sekali main gitar. alangkah baiknya kalau kamu mengenal nama dan bagian gitar terlebih dulu, agar mempermudah dalam menyerap materi materi gitar selanjutnya. tentunya di blog ini ya :D
  

modal utama untuk bisa bermain gitar dari yang belum bisa bermain gitar sama sekali hingga bisa mengiringi atau memainkan sebuah lagu , yaitu kamu harus menguasai

1. Chord Gitar atau kunci gitar 
2. Bisa menggenjreng.

kamu bisa menggunakan tangan kosong atau menggunakan pick untuk menggenjreng. selain menggunakan pick, ada juga teknik petikan yang akan dipelajari nanti di posting berikutnya

Cara Praktis Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula Mulai Dari Nol
Pick

setelah kamu bisa dalam tahap pemula ini, atau paling tidak mengiringi satu buah lagu dan sudah lanyah baru lah bisa lanjut ke tahap pembelajaran berikutnya yaitu tingkat advanced dan intermediate.

seperti memainkan melodi atau solo gitar, seperti para master gitar Joe Satriani, Steve Vai, Paul Gilbert, John Petrucci, atau main blues bluesan seperti sang legend Jimi Hendrix, BB king, Eric Clapton, dan masih banyak lagi.

nah kembali ke topik utama kita yaitu tentang sharing bermain gitar dasar untuk pemula, atau cara bermain gitar dasar mulai dari nol.


Kamu gak wajib punya gitar
kamu gak wajib harus punya gitar sendiri, kamu bisa pinjem sama temen kamu satu atau dua minggu untuk latihan. namun alangkah baiknya jika kamu mempunyai gitar sendiri. supaya bisa latihan tiap hari. hehe

dalam  belajar bermain gitar diperlukan kesabaran, ketekunan dan konsistensi, semakin sering berlatih semakin bisa dan semakin cepat untuk bisa bahkan mahir main gitar.

menurut saya , tidak ada cara cepat bermain gitar, semua tergantung orangnya. kalau dia tekun, cepet nangkep, maka semakin cepat juga bisa, dan yang paling penting sebelum memulai belajar bermain gitar adalah harus bener bener niat dan enjoy dalam berlatih. enjoy aja maka cepet bisa :D mari kita mulai


Pegang Gitarnya dengan enjoy
pegang gitarnya dengan enjoy, menurut saya tidak ada standar baku dalam memegang gitar ya. yang penting enak dan nyaman aja. beberapa teknik memegang gitar dalam posisi duduk


Cara Praktis Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula Mulai Dari Nol
posisi memegang gitar dalam posisi duduk



Jangan Lupa Stem Gitar Dulu
baiklah sekarang siapkan gitar, setelah gitar sudah siap, usahakan gitar kamu sudah di stem. jika kamu belum bisa menyetem baca cara sederhana menyetem gitar. atau jika kamu mempunyai tuner kamu langsung bisa menyetemnya dengan tuner.


Cara Praktis Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula Mulai Dari Nol
Tuner

tuner adalah sebuah alat untuk menyetem gitar, bisa beli di toko alat musik. Alternatif lain kamu bisa searching di google dengan kata kunci "guitar tuner online" atau kamu bisa juga install guitar tuner di smartphone kamu. kalau tidak ya kamu bisa menyuruh teman atau saudara kamu yang bisa bermain gitar untuk menyetemnya .namun saran saya stem saja dengan tuner alasannya karena lebih akurat. jika kamu tidak mempunyai tuner kamu bisa menyetem dengan cara manual baca cara gampang menyetem gitar khusus pemula

kegiatan menyetem gitar ini adalah hal wajib yang harus kamu lakukan dan kuasai setiap kali akan bermain gitar. agar suara gitar yang dihasilkan tidak fals. sebagus dan sekeren apapun permainan gitarmu kalau gitarnya gak tune ya gak jadi keren.

oke lanjut
sesuai pengalaman saya, hal pertama yang harus kamu pelajari adalah kamu harus mengerti chord atau kunci gitar. karena chord inilah yang akan membentuk sebuah nada.

oh ya nanti kita juga akan belajar tentang tangga nada, agar kamu dapat mengiringi lagu tanpa harus tau chordnya terlebih dulu, misalnya  ngiringin lagu dengan kunci dasarnya C , dan kamu akan tau apa saja rangkain chordnya,


Hafalin Banyak Chord
untuk awal awal kamu tidak harus menghafal seluruh chord, cobalah dengan menghafal dan mempraktikan dua buah chord terlebih dulu, untuk chord chord berikutnya bisa kamu pelajari nanti sambil jalan. oke. :D

menurut versi saya chord yang paling enak dan paling mudah untuk latihan bermain gitar adalah Am dan Em. lihat gambar.
Cara Praktis Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula Mulai Dari Nol
kira kira gambar realnya begini

Cara Praktis Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula Mulai Dari Nol

ket: pada lingkaran hitam terdapat nomer 1, 2, 3, dan 4. itu adalah posisi jari dalam menekan senar dan fret .lihat gambar di bawah ini
Cara Praktis Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula Mulai Dari Nol

untuk nomor 1 adalah jari telunjuk
nomor 2 adalah jari tengah
nomor 3 adalah jari manis
dan nomor 4 adalah jari kelingking


setelah kamu hafal dua chord tersebut cobalah untuk memainkannya .dari Am pindah ke Em dan sebaliknya, diulang ulang sampai lancar. tekan senarnya dengan kuat agar suara yang dihasilkan lebih tegas .


Genjreng Gitarnya
untuk cara menggenjrengnya coba dengan menggenjrengnya kebawah terlebih dahulu.

untuk yang benar benar baru belajar bermain gitar pasti masih kesulitan dalam menggenjreng atau kalo istilah kerennya strumming, untuk itu langkah pertama bisa mempraktikan cara menggenjreng seperti gambar dibawah ini

Cara Praktis Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula Mulai Dari Nol




teknik menggenjreng ada 2 yaitu down stroke dan up  stroke.

down stroke yaitu arah menggenjrengnya ke bawah, sedangkan up  stroke itu ke atas.jadi bisa di kombinasiin ke atas kebawah.

jika kamu masih bingung tentang cara menggenjreng gitar mungkin video ini bisa lebih memperjelas

untuk materi lebih lanjut tentang menggenjreng gitar baca 2 teknik menggenjreng gitar yang harus kamu ketahui. 

oh ya , pas awal awal mungkin jari kirimu akan terasa sakit. atau kalau orang jawa bilang kapalan.:D namun itu hal yang wajar, nanti jika sudah terbiasa , rasa sakit itu tidak akan muncul lagi


balik lagi. jika dua chord tersebut dirasa sudah lancar, kamu bisa nambah chord lain, misalnya chord dasar seperti C, D, E, F, G, A, B (major) atau Cm, Dm, Fm, Gm, Am, Bm (minor)


saya sarankan untuk menghafalkan dan menguasai chord dasar terlebih dulu. karena ada banyak sekali chord . mulai dari chord major, minor, kres, mol dan sebagainya, terus ada juga yang chord model tegak atau istilahnya chord gantung .

berikut adalah chord dasar major dan minor yang bisa kamu jadikan referensi buat latihan chord


Chord major
Cara Praktis Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula Mulai Dari Nol




Chord Minor

Cara Praktis Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula Mulai Dari Nol





setelah kamu lancar, pindah dari chord satu ke chord lainnya dan sudah hafal diluar kepala, selanjutnya kamu bisa coba memainkan satu atau dua buah lagu,

dengan belajar memainkan lagu secara tidak sadar kamu juga mengasah kelenturan jarimu. dan tentunya belajar chord chord baru, karena kamu akan menemukan chord chord baru yang mungkin saja kamu belum kenal dengan chord tersebut.

dan berikut ini adalah lagu dengan sedikit chord yang bisa kamu coba mainkan. kamu bisa search di google untuk chord lagu lagu berikut.

1. lagu suka suka by the changcuters
2. Sally Sendiri by Peterpan
3. Diatas Normal by Peterpan
4. Perahu Kertas by Maudy Ayunda
5. Aku Memilih by Setia Fatin
dan masih banyak lagi.

setelah lancar memainkan lagu lagu dengan chord yang sedikit cobalah untuk memainkan lagu dengan chord sekiranya sulit buat kamu.


selain belajar dengan cara membaca dan menonton,  kamu juga dapat belajar gitar dengan temanmu atau siapapun yang lebih jago, mintalah mereka untuk mengajarimu. atau bisa belajar di youtube banyak juga yang sharing ilmu disana. termasuk master master gitar yang di sebut diatas. 

bagaimana? bermain gitar itu asik kan? tapi ingat belajar gitar harus tekun. apalagi pas baru mulai belajar, paling tidak latihan minimal sehari 1-2 jam.

jika kamu jeda berlatih dalam waktu yang cukup lama (seminggu misalnya) kemungkinan tanganmu akan kaku lagi. bisa bisa malah lupa chord :D jangan lupa untuk mempelajari materi materi gitar berikutnya yang ada di blog ini.

jika ingin kaya bekumpul lah dengan orang kaya, jika ingin bisa main gitar berkumpul lah dengan yang bisa main gitar.

semoga bermanfaat

Share this

Related Posts

First

25 comments

comments
May 30, 2017 at 8:42 AM delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
August 15, 2018 at 12:28 AM delete

http://v3.togotribune.com/news/carrefour-bodjona-et-ses-environs-sous-leau-5-juin-2017/#comment-114767

The best online gambling agent is Bandar Slot, Casino SBOBET 338a, maxbet, mr8asia, Betting Prediction, Biggest and Most Trusted in Indonesia. Free Signup Process! You can directly play with less than 3 minutes process.
Judi Online is an agile basketball player, Casino SBOBET 338a, ibcbet, Betting Prediction and slot game, Biggest and Most Trusted in Indonesia
judi online

Reply
avatar
October 5, 2018 at 12:19 AM delete

http://bbs.tecno-mobile.com/forum/general/176661-makosa-5-yanayofanya-battery-ya-smartphone-yako-kuharibika/page2

JudiKartu is the jadwal bola, first trusted online betting agent in Indonesia that provides live baccarat, roulette and sicbo online services. Giving customer satisfaction and serving better than others.
Always determined to be able to serve customers better. Trying to remain a Soccer Agent, Casino Agent, the best and most trusted Online Betting in Indonesia
Jadwal bola

Reply
avatar
October 5, 2018 at 1:18 AM delete

Onekartu is a trusted online poker agent Site. Original Money Poker uses IDNPlay servers that are 100% proven trusted and fairplay. Deposit and Withdraw Process in Crotqq start from 10 thousand rupiah and with fast and safe process. Customer Service Crotqq is available 24 hours to help you if you are having problems. CrotQQ is always trying to become a trusted online poker agent for those of you who want a Fairplay Poker game.

poker uang asli

TRUSTED !! POKER ONLINE | POKER AGENT | ORIGINAL MONEY POKER SITE
RELIABLE MurniPoker Online Poker Site Category that provides poker games for real money, Ceme Online, and Domino Online
This Site Is Engaged in Online Gambling.
ENJOY THE BIGGEST BONUS SENSATION IN MURNIPOKER
MurniPoker is the most attractive Poker Gambling site and many enthusiasts of Lapak303 online poker lovers.
By ensuring the game is fairplay and has sophisticated technology, games are provided like
Dominoqq, Capsa Susun and many others, we have become one of the best and trusted in Indonesia
plus more available Ceme Online million rupiah jackpot that you can win every day.

Poker Online

Reply
avatar
October 5, 2018 at 1:21 AM delete

Search engine optimization (SEO) or Indonesian SEO is the process of influencing the visibility of websites or web pages in search engine results - often referred to as "natural", "organic" or "earned" results. In general, the earlier (or rank higher on search results pages), and more often sites appear in the list of search results, the more visitors will receive from search engine users, and these visitors can be converted to customers.

SEO can target various types of searches, including image search, local search, video search, academic search, news search and industry-specific vertical search engines.

Indonesian SEO

Specialist SEO.com is an Indonesian SEO Service launched in 2011 when search engines were in the early stages of developing their algorithms, Google was a big company that was very promising. Search engine optimization (SEO) has a completely different meaning. Since then many things have changed and internet marketing has become a necessity for every company that wants to survive in the online world competitively.

Specialist SEO Indonesia SEO Services deal with Web Marketing technology from the start. After hours of research and development, trial and error, we can now offer the most reliable solutions in the world of Digital Marketing.

Indonesian SEO Service

You can chat, video call, phone, view photos, have fun, and even meet!
online datingsite, online dating indonesia, free online dating, best online dating site free, online dating app, online dating terbaik, dating online chat, situs online dating, free dating sites without payment, dating online with video call, dating, meet me, meet, people nearby, soulmate, heart, online dating apps, free online dating, video call, audio chat, find your partner, setipe, skout, flurv, bigo live, Tinder, OkCupid, Hookup, BeeTalk
online dating site

Reply
avatar
April 3, 2019 at 8:34 AM delete

Batu Poker merupakan situs poker online terpercaya di indonesia,menyediakan 7 permain game terlengkap dan terpercaya, hanya dengan 1 user id saja member sudah dapat memain kan 7 game di batupoker99, dengan pelayan dan proses deposit dan withdraw tercepat batupoker99 menjadi pilihan terbaik untuk permainan game poker online, batupoker99 menyandang predikat sebagai Situs Poker Online terpercaya..




Batu Poker

Reply
avatar
August 19, 2019 at 4:06 AM delete

Pokervita - Agen Sakong Online | Bandar66 | Capsa Susun | Bandar Poker | Judi Domino99 | BandarQ | AduQ | Poker Texas

Agen Judi Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia

Menyediakan berbagai jenis permainan Judi Kartu Online Uang Asli Terlengkap

1 ID untuk 8 Game Permainan yang disediakan oleh Situs Pokervita

Agen Domino99
Agen AduQ
Agen Poker Pulsa
Situs Capsa Susun
BandarQ Terpercaya
Agen Bandar66
Bandar Poker Online
Bandar Sakong

-> Bonus Cashback 0.5% (dibagikan setiap Minggunya)
-> Bonus Refferal 20%
-> Customer Service 24 Jam Nonstop
-> Support Deposit Pulsa, OVO & GoJek

Whatsapp Agen Judi Pulsa PokerV
Livechat PKV Deposit Pulsa

Hubungi Kami
http://167.71.214.170/
Livechat Pokervita
Whatsapp Pokervita

Reply
avatar
April 1, 2020 at 4:37 AM delete

You Have Nice Contents
"Come to my website to view the contents of my website"
LIGAHOBI - SITUS MAIN GAME ONLINE TERBESAR DI INDONESIA HANYA DENGAN 1 USER ID SUDAH BISA

DAFTAR DISINI ---> WWW.LIGAHOBI.INFO <---

BERMAIN SEMUA GAME. Join US ! klik link di bawah ini ?
--> ALTERNATIF DEPOSIT
--> CASHBACK TERBESAR
--> BONUS DEPOSIT DAN NEW MEMBER
--> BERITA OLAHRAGA


Untuk Info Dan Bonus Menariknya Bisa Hubungi Kami Di Bawah Ini :
Whatsapp : +855 9-6671-9420

DAFTAR DISINI : CARI JUDI

ONLINE


Ayo buruann , mana tau kamu menjadi jutawan setelah bergabung dengan kami ..
--> Group FB https://www.facebook.com/groups/ligahobi/?ref=bookmarks
--> Instagram https://www.instagram.com/ligahobics/

#LIGAHOBI #KLUBHOBI #BANKOFFLINE #BONUSDEPOSIT #PREDIKSIPARLAY #BERITABOLA #TANGKAS

Reply
avatar
June 13, 2020 at 11:15 AM delete

Membantu sekali gan👍
Jgn lupa mampir diblogger ane juga gan
https://ay605249m.blogspot.com/?m=1

Reply
avatar
October 25, 2020 at 1:52 AM delete

DAFTAR SEKARANG : https://ligaidolabet.org/_View/Register.aspx
WA : +62 813-6131-2117
-Bonus Deposit 10% Max Bonus 200rb !!
-Cashback Up To 15%
-Bonus Refferal Seumur Hidup
-Dapatkan panduan bermain terbaik bersama kami

Reply
avatar
October 25, 2020 at 1:53 AM delete

DAFTAR SEKARANG : https://ligaidolabet.org/_View/Register.aspx
WA : +62 813-6131-2117
-Bonus Deposit 10% Max Bonus 200rb !!
-Cashback Up To 15%
-Bonus Refferal Seumur Hidup
-Dapatkan panduan bermain terbaik bersama kami

Reply
avatar
November 8, 2021 at 8:04 PM delete

ingin upgrade cbt datanglah ke bengkel motor bekasi info selengkapnya kunjungi web kami http://www.bengkelmotorbekasi.com

Reply
avatar
December 1, 2021 at 4:24 AM delete

hkpools memberi cuan dan menghilangkan beban pikiran.

Reply
avatar
December 6, 2021 at 7:01 PM delete

daftar dan main bersama kami di situs taruhan bola online. situs penuh hoki dengan rating kemenangan tertinggi. Pastikan anda mendapatkan hoki anda diwebsite terbaik kami http://45.76.158.166/

Reply
avatar
December 6, 2021 at 7:11 PM delete

situs slot pulsa pragmatic terlengkap dengan bonus terbaik. dapatkan bonus hingga 20% di situs terbaik kami. Gabung dan main bersama kami di http://45.77.47.216/

Reply
avatar
December 20, 2021 at 5:37 AM delete

bandar slot terpercaya , unggulan yang dibuat untuk membantu para pemain Togel Indonesia mendapatkan informasi valid , yuph langsung kunjungi link kami di putih slot

Reply
avatar
January 20, 2022 at 9:11 PM delete

เลือกเว็บไซต์ที่เชื่อถือได้ mega888 เล่นและบรรลุโชคของคุณ

Reply
avatar
March 5, 2022 at 11:27 AM delete

dapatkan hoki anda sekarang juga disitus slot dana terbaik saat ini. gabung dan main bersama kami di http://207.148.121.64/

Reply
avatar
June 8, 2022 at 2:52 AM delete

gabung dan main bersama kami disitus slot pragmatic terbaik dokterbet http://dokterbet.xn--fiq228c5hs/

Reply
avatar